Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ganjar Apresiasi Jokowi Yang Jengkel dan Singgung Dana Insentif Untuk Tenaga Medis

Ganjar Apresiasi Jokowi Yang Jengkel dan Singgung Dana Insentif Untuk Tenaga Medis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kabinet menyentil Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait serapan anggaran yang rendah terutama terkait dengan penanganan COVID-19. Salah satu pos terkait insentif bagi tenaga medis.

Ditanya soal ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons positif statement tersebut. Menurut Ganjar, terkait dengan insentif ini sudah lama ditunggu oleh para tenaga medis.

“Beberapa (tenaga medis) sudah mengeluh ke saya secara langsung, ‘Pak, sebenarnya kami jadi enggak sih mendapatkan insentif? Kapan dapatnya karena kami sudah kerja luar biasa.’ Menurut saya itu wajar, itu manusiawi,” kata Ganjar, usai memimpin rapat penanganan COVID-19 di Gedung A lantai 2 kantor Gubernur Jateng, Senin (29/6).

Lebih lanjut, Ganjar mengaku sudah mengajukan data terkait insentif ini beberapa waktu yang lalu. Dengan adanya pidato Presiden itu, menurutnya bisa menjadi dorongan agar pencairan bisa lebih cepat.

“Kami sudah kirimkan datanya ke pusat, alhamdulillah Pak Jokowi menyampaikan pidato itu. Ini bagus, jadi momentumnya pas. Mudah-mudahan segera cair,” ujarnya.


Ganjar Apresiasi Jokowi Yang Jengkel dan Singgung Dana Insentif Untuk Tenaga Medis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Dikantornya
Di sisi lain, kata Ganjar, ada persoalan di level kabupaten, kota di Jawa Tengah terkait pencairan insentif tenaga medis itu. Para tenaga medis di lini tiga dengan SK dari bupati/wali kota, lanjut dia, tidak termasuk dalam daftar penerima insentif tersebut.

“Ini yang jadi masalahnya, makanya banyak bupati/wali kota yang tanya, ini yang mau cover siapa,” ucapnya.

Meski begitu, Ganjar mengatakan, pihaknya mengaku akan menyiapkan anggaran bila memang tenaga medis di lini tiga ini tak mendapat insentif dari pusat.

“Kalau tidak bisa dapat dari pemerintah pusat, nanti kami akan anggarkan sendiri. Memang harus ada refocusing lagi untuk memberikan jaminan pada tenaga kesehatan yang ada di lini tiga itu,” katanya.

Post a Comment for "Ganjar Apresiasi Jokowi Yang Jengkel dan Singgung Dana Insentif Untuk Tenaga Medis"

Berlangganan via Email