Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejak Joko Widodo Jadi Presiden Indonesia, Tiongkok Akui Investasi RI Tumbuh Pesat

Sejak Joko Widodo Jadi Presiden Indonesia, Tiongkok Akui Investasi RI Tumbuh Pesat
Presiden Joko Widodo
Negara mitra dagang utama dan salah satu investor terbesar di Indonesia, Tiongkok, mengakui nilai investasinya tumbuh pesat sejak Joko Widodo (Jokowi) menjadi Presiden. Bahkan ketika ada pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, Tiongkok tetap menempati urutan kedua sebagai investor terbesar di Indonesia.

Minister-Counsellor bidang Ekonomi dan Perdagangan, Kedutaan Besar Tiongkok, Wang Liping melihat, sejak dilantik, Presiden Jokowi dengan penuh semangat mengembangkan infrastruktur dan memperbaiki lingkungan bisnis Indonesia. “Sehingga investasi Tiongkok di Indonesia pun cepat bertumbuh,” aku Liping melalui pernyataan pers Kedutaan Besar Tiongkok, Rabu (24/6).

Liping menuturkan, dengan sumber daya alam yang melimpah didukung bonus demografis, potensi Indonesia untuk terus berkembang sangat besar. “Meskipun pandemi ini terjadi, daya tarik Indonesia terhadap Tiongkok tidak berubah, dan dasar kuat kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara pun tidak tergoyang,” lanjutnya.

Hingga April 2020, volume perdagangan bilateral antara Tiongkok dan Indonesia mencapai USD 24,1 miliar. Angka ini hanya turun tipis, yakni 0,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Sementara itu, sepanjang kuartal-I 2020 investasi Tiongkok di Indonesia mencapai USD 1,3 miliar. Angka ini tumbuh 12 persen.

“Sehingga Tiongkok tetap merupakan negara sumber investasi terbesar kedua bagi Indonesia. Pencapaian tersebut patut dipuji dalam masa pandemi ini,” tukas Liping.

Post a Comment for "Sejak Joko Widodo Jadi Presiden Indonesia, Tiongkok Akui Investasi RI Tumbuh Pesat"

Berlangganan via Email