Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sri Mulyani: Sistem Penganggaran Indonesia Lebih Baik Dibandingkan Negara Lain

Sri Mulyani: Sistem Penganggaran Indonesia Lebih Baik Dibandingkan Negara Lain
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengklaim bahwa sistem perencanaan dan penganggaran dilakukan pemerintah Indonesia cukup baik dibandingkan dengan negara-negara lain. Sebab, dalam prosesnya harus melewati persetujuan dari berbagai pihak.
Dia menjelaskan, sebelum perencanaan dan penganggaran harus melewati pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kemudian setelah itu dilakukan proses pengawasan oleh DPR dan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebelum akhirnya disampaikan kepada DPR kembali untuk membuat Undang-Undang.
"Itu suatu mekanisme check and balance yang menurut saya, dari pengalaman saya bekerja di dunia ini, sangat jarang negara-negara punya proses check and balance yang cukup seimbang seperti di Indonesia," jelas Sri Mulyani di Komisi XI DPR RI, Jakarta, Selasa (23/6).
   
Menurutnya, pertanggungjawaban anggaran merupakan proses panjang yang tidak semua negara di dunia miliki. Meski demikian, Sri Mulyani mengakui proses perencanaan anggaran dan belanja negara di Indonesia cukup rumit.

Sistem Politik

Sebab, Indonesia memiliki sistem politik seperti sentralisasi, desentralisasi serta jumlah partai yang banyak jika dibandingkan dengan negara lain.
"Dan kombinasi itu tidak mudah. Kalau di negara lain seperti di Rusia cuma satu partai, Amerika dua partai, Inggris dua partai, ini (sistem penganggaran) yang menimbulkan warna pada tata kelola perundangan dan proses budgeting kita," jelas dia.
Sri Mulyani mengatakan, meski sistem penganggaran sudah dianggap baik namun tidak berati tidak ada hal yang perlu diperbaiki. Untuk itu, pemerintah akan mendesain ulang penganggaran pada tahun 2021. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas anggaran melalui reformasi sistem penganggaran secara nasional.

Post a Comment for "Sri Mulyani: Sistem Penganggaran Indonesia Lebih Baik Dibandingkan Negara Lain"

Berlangganan via Email