Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

China Mengklaim Batik Berasal Dari Mereka, Ini Respon Dari Netizen Indonesia

China Mengklaim Batik Berasal Dari Mereka, Ini Respon Dari Netizen Indonesia 

WadahInternet.com - Tak hanya klaim soal Laut China Selatan (LCS). Saat ini lagi viral ada media China yang menyebut bahwa batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di China, hal itu juga dikatakan sudah ada sejak lama.

Akibat klaim itu menuai berbagai komentar sinis dari netizen, badai protes itu juga sempat viral karena secara terang-terangan berani mengklaim batik.

Hal ini seperti dikutip Zonajakarta.com dari unggahan akun Twitter media Tiongkok China Xinhua News yang memposting sebuah video pada 12 Juli 2020.

"Batik is a traditional craft common among ethnic groups in China. Using melting wax and a spatula-like tool, people dye the cloth and heat it to get rid of the wax. Check out how the ancient craft evolves in modern times. #AmazingChina.

Artinya kira-kira adalah : "Batik suatu kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis Cina, menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin, lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern."

Postingan media itu pun langsung ramai dipenuhi berbagai tanggapan, sejak diposting, sudah ada puluhan kali retweet dan ratusan suka (like) dalam postingan.

Ada banyak komentar dari netize) di postingan itu, termasuk dari netizen Indonesia. Netizen Indoensia ada yang komentar bila batik itu asli dari Jawa yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah.

Post a Comment for "China Mengklaim Batik Berasal Dari Mereka, Ini Respon Dari Netizen Indonesia"

Berlangganan via Email